Judul Umpan Klik Untuk Blog, Cantik Tidak Buat Trafik Dan Seo?

Bobotoh Kecewa dengan Performa Persib Bandung Judul Umpan Klik untuk Blog, Bagus Tidak buat Trafik dan SEO?
KITA sering membaca judul gosip di situs-situs penganut "jurnalistik umpan klik" (clickbait journalism) seperti: Bobotoh Kecewa dengan Performa Persib Bandung, Tapi Mereka Beri Saran Seperti Ini.

Perhatikan kata yang dibold. Kata-kata "ini", "inilah", "begini", "ini komentar", "ini jawaban", atau "wow", "ngeri", "miris", dan sebaginya sering muncul di situs-situs gosip penganut jurnalisme umpan klik.

Judul umpan klik  (clickbait headline) disebut juga "jebakan klik", alasannya ialah menjebak pembca. Begitu link beritanya dibuka, isi beritanya biasa-biasa saja, tidak seheboh judulnya!

Tujuan judul-judul umpan klik mirip berikut ini bertujuan mengundang klik, pageviews, atau jumlah kunjungan.

  1. Ini Reaksi Cita Citata Soal Komentar Temannya
  2. Ditanya Soal Jodoh, Begini Jawab Ayu Ting Ting
  3. Ini Komentar Julia Peres soal Pria Idamannya
  4. Wow! Menakjubkan, Ini Khasiat Daun Pisang
  5. Miris Gan! Ngeri Bacanya! Tolong Share Agar....
  6. Coba Tempelkan Es Batu ke Telinga Anda, Lihat Apa yang Terjadi!
  7. Gara-Gara Posting Foto Ini, Ahok Banjir Ucapan Terima Kasih
Seru ya? Benar, seru, namun juga LEBAY bin ALAY. Itulah fenomena situs-situs gosip sekarang, yang dipelopori situs Kompas dan Tribunnews, dan diikuti oleh situs-situs gosip lainnya.

Para blogger pun banyak yang LATAH alias ikut-ikutan membuat judul posting mirip itu (umpan klik). Banyak blog gosip yang judulnya sangat sensasional dan dramatis untuk menarik dan unik pengunjung.


Judul Umpan Klik harus dihindari kalau Anda tidak mau dikecewakan. Pembaca atau pengguna internet dieksploitasi, dimanipulasi, bahkan ditipu oleh media-media yang menganut judul umpan klik.

"Hindari judul umpan klik mirip menghindari penyakit," tulis Titan Web. Anda ijan menirunya alasannya ialah "judul umpan klik merusak reputasi web Anda," tulis SEO Pressor.

Menurut Growth Hackers, judul umpan klik berdampak jelek bagi SEO. "Clickbaiting headline is no longer effective these days. Not only it will push your audiences away, it will also affect your SEO negatively. Find out more in this blog post," tulisnya.

Facebook dan Twitter juga mulai memerangi judul umpan klik alasannya ialah merugikan pengguna.

Penjelasannya, kata "ini" atau "wow" termasuk stop words yang harus dihindari alasannya ialah dapat dianggap SPAM oleh Google dan mesin pencari lainnya.

Judul Umpan Klik ialah judul-judul iklan. Dalam sejarah umpan klik disebutkan, judul umpan klik ialah versi gres Jurnalisme Kuning (Jurnalistik Koran Kuning) yang mengutamakan judul sensasional, bombastis, dramatis, alias lebay bin alay.

Jadi, Judul Umpan Klik untuk Blog, Bagus Tidak? Menurut para pakar yang linknya disebutkan di atas, jawabnya ialah TIDAK BAGUS buat blog kita. 

Namun, judul umpan klik terbaik untuk blog antara lain dengan memakai kata "how to" (cara menciptakan, cara memasang, cara mengatasi) kalau postingan berupa tips. Itu tidak menipu pembaca.

Bagaimana, Anda juga menganut judul umpan klik? Pilihan di tangan Anda, demikian pula risikonya. Bisa jadi, blog Anda banjir pengunjung atau sebaliknya... bikin muak pembaca dan ditinggalkan.

Dalam ilustrasi gambar dari Titan Web di atas, judul umpan klik diibaratkan umpan pancing. Dua ikan yang "cerdas" tahu bahwa itu jebakan, maka mereka pun mengabaikannya.

Good Luck & Happy Blogging! (http://www.contohblog.com).*


Sumber http://www.contohblog.com/

Artikel Terkait

Judul Umpan Klik Untuk Blog, Cantik Tidak Buat Trafik Dan Seo?
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email